.

didikDear Kasmajiers 81,

Alhamdulillah, tanggal 18 Maret ada kopdar di Citos dengan peserta yang banyak. Mudah2an pertemuan2 seperti ini akan lebih sering terjadi, tanpa rencana-rencana yang ‘ruwet’. Aku kaget juga ada Bayu Iriadi di situ, katanya diampiri Tarwanto, padahal lagi sakit. Opo maneh ono ‘bos Pertamina’, wah jos tenan.

Sebagai kelanjutan dari pertemuan2 Citos dan sebelumnya, piye yen aku usul dilakukan gerakan/program Sokongan Sedina Sewu (S3)? Maksudnya, setiap anggota yang terdaftar sepakat untuk memberikan donasi ke kas Kasmaji 81 sebesar Rp 1.000,- sehari atau Rp 30.000,- sebulan atau Rp 365.000,- setahun, monggo dipilih sing endi sing cocok. Etung-etung koyo mbayar sekali parkir di bawah satu jam, yen ora nganggo mlayu nglimpekke tukang parkire.

Mungkin perlu dibuka lagi rekening di bank lain, misalnya BCA, BNI, dll. Itu jumlah minimum, kalau ‘bos’ mungkin nggak enak cuma segitu, boleh kalau mau sedolar sehari. Jumlah dana yang terkumpul bisa ditayangkan secara ‘on-line’ di blog kita, Yudi wis siap kok, hehehe…

Dari dana yang terkumpul nanti, kita bisa membuat kegiatan2 baik untuk internal Kasmaji 81 maupun external. Untuk internal misalnya membantu teman yang membutuhkan perawatan karena sakit, biaya sekolah/beasiswa, dll. Mungkin kita juga bisa memberikan hadiah buat anak2 kita yang berprestasi memenangkan suatu kejuaraan, misalnya.

Rasanya perlu juga ada sedikit aturan buat yang jadi anggota, nggak marah kalau diingetin dan yang ngingetin nggak perlu sungkan, wong ini demi kebaikan bersama. Terus kalau untuk emergency, misalnya nyumbang bagi anggota komunitas yang sakit, nggak perlu minta ijin ke semua anggota Kasmaji81, kita sepakati saja, otomatis dibantu sekian, tergantung kondisinya.

Dengan begitu, kita ada pemasukan rutin dan nggak rutin, misalnya waktu ada kopdar, berapa orangpun, kita lakukan penggalangan dana. Misalnya aku ketemu Banu, aku iso nyumbang 1000 rupiah, terus Banu isone cuma 100.000, yo rapopo kabeh terus didonasikan ke kas. Utowo Majey, ora ono rupiah, yo nganggo dolare wae… Yen Ari rodo beda, soale petrodollar…

Dengan cara seperti ini awake dewe iso S3 kabeh, ora mung Dina, Edi, atau sebentar lagi Diah, juga teman2 lain yang sudah S3. Untuk pengelola S3, piye yen koordinatore Yudi, soale 24 jam connected. Yud, S3 hebat lho, iki malah koordinatore, opo ora top tenan… Jobdes-e koordinator mendata anggota, terus mengingatkan kalau belum setor. Mungkin nanti kita bisa kembangkan S3 untuk seluruh Kasmaji, bukan cuma 81. Cara setornya bisa macem2, lewat ATM, debet otomatis per bulan, atau nitip sodara. Yang tinggal di luar negeri juga tetep bisa setor.

Sebagai langkah pertama, aku karo Dewi ndaftar sebagai anggota S3 hari ini, aku arep setor nggo 2009, soale rodo ora tlaten, dadi sisan nggo setahun. Aku ngetung2, kalau ada 100 anggota, berarti bisa terkumpul 3 juta sebulan atau 36 juta setahun, opo meneh ono bantingan, opo meneh 200 anggota, opo meneh….

Monggo konco2, mudah-mudahan sisa hidup kita bisa lebih bermanfaat.

  • @Tatik, selamat bergabung, jebul saiki dadi dirigen katering to.. .iki arep ono acara kumpul bocah nang Bandung, iso dikirim no besekane…hehe…
  • @Jali, wah ternyata njedul juga to zulkisap iki, piye kabare?
  • @Yudi, perlu dimuat nang blog nggak?

Salam,
Didik Rusdarmaji

4 thoughts on “Pro “S-3”

  1. Pak Yanuarius Koli Bau yang baik,
    saya cisca, dari majalah BASIS. Kami mendapat referensi dari Bapak Teuku Kemal Fasya untuk mengundang Bapak ikut menulis pada edisi mendatang perihal sosialogi-antropologi. Mohon alamat email atau telepon, agar kami dapat mengirimkan undangan tersebut.

    Salam

    Cisca

  2. Pak Didik,
    saya alumni SMA 1 2004. Mau tanya cp/alamat Pak Jali (Zulfikar Alhasan) ada nggak ya? ada temannya yg pengen silaturahim,,sudah lama gak kontak.
    terima kasih

    salam,
    elva

  3. Mbak/mas Elva,
    Nama saya Zulfikar thok tanpa Alhasan, kalau boleh tahu siapa nama teman saya yg pengen silaturahim.
    trims

    salam,
    JL

  4. Loh namanya Pak Zulfikar aja ya,,tp bener ga sering dipanggil ‘Jali’? atasan saya di kantor yg nyari Bapak, namanya Pak Dalton Moerdiatmoko (alumni Teknik Fisika ITS,angkatan brp ya…wah ga tau).

    kalo emg bener temen bapak, silakan kontak by PM saya ya Pak (run_vava@yahoo.com)
    Terima kasih Pak.

    elva nur syarifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website