Harga segelas air kotor

Iskandar Zulkarnain adalah seorang raja besar. Pada hari-hari tertentu beliau belajar thasauf kepada seorang guru spiritualnya (seorang Ulama). Di tengah-tengah asyiknya belajar, beliau merasa haus sekali, maka dipanggilnya pengawal supaya diambilkan satu gelas air putih untuk menghilangkan dahaganya. Mendengar permintaan  Raja itu, sang guru lalu bertanya kepada  raja :

“Maafkan hamba baginda, sebelum saya lanjutkan pelajaran ini, izinkanlah saya ingin bertanya kepada baginda Raja.”
“Oh… ya silahkan,” jawab Raja.
“Begini baginda, saya tadi mendengar kalau baginda minta diambilkan segelas air minim karena sangat  haus sekali?”
“Ya… betul mengapa tiba-tiba saya jadi haus sekali ketika sedang engkau ajari aku?” jawab Raja.
“Pertanyaan saya pendek saja baginda! Misalkan segelas air minum yang engkau inginkan itu tidak ada di kerajaan ini, apa yang baginda lakukan? ”
“Saya akan memerintahkan pasukan saya untuk mencari air minum itu di seluruh kota ini,” jawab Raja.
“Kalau sekiranya tidak didapatkan air minum di seluruh kota ini, apa yang baginda lakukan?”
“Kalau seluruh kota tidak didapatkan, saya akan perintahkan para prajuritku untuk menemukan di negeri ini atau mungkin di pelosok dunia ini, berapapun harganya akan saya bayar,” jawab Raja.
“Misalkan air minum itu sudah Baginda dapatkan dengan susah payah dan mahal, tentunya Baginda akan segera meminumnya karena haus?”
“Oh…. betul saya akan langsung meminumnya karena haus,” Jawab Raja.
“Setelah Baginda minum, apakah Baginda sudah merasa puas?”
“Ya… jelas!” Jawab Raja.
“Air yang Baginda minum itu tentunya beberapa jam kemudian akan dikeluarkan lewat air seni yang banyaknya  tidak lebih dari segelas air minum! Bagaimanakah kalau sekiranya air kotor itu tidak bisa keluar dari tubuh baginda , Apa yang akan engkau perbuat?”
“Wow….. betapa sakitnya itu, dan akan saya panggil dokter untuk mengeluarkan air seni itu,” jawab Raja.
“Seandainya dokter di Kerajaan atau di kota ini tidak bisa mengeluarkan?”
“Akan aku suruh para prajuritku untuk mencari dokter spesialis yang paling pandai di negeri ini untuk mengobatiku,” jawab Raja
“Kalau di negeri ini tidak ada dokter yang mampu mengeluarkan air kotor itu, apa yang Baginda lakukan?”
“Saya akan kerahkan pasukan saya untuk mencari dokter walau pun di ujung dunia pun dan berapa pun biaya akan saya bayar kalau perlu seluruh Kerajaan dan Harta benda yang aku miliki akan saya jual untuk mengeluarkan air kotor ini,”  Jawab Raja.
“Ketahuilah Baginda bahwa harga segelas air kotor yang keluar dari tubuh Baginda ternyata lebih mahal dari harga Kerajaan dan Kekayaan Baginda miliki di negeri, Allah Maha Besar !!
.
Mendengar jawaban itu sang Raja sangat haru, dirinya merasa kecil seperti debu diatas gurun pasir. dan lantas beliau menjawab : “Maha Besar Allah , Engkau Maha Pengasih dan Maha Penyayang, begitu besar Nikmat dan RacmatMu yang Engkau limpahkan kepada hambaMu yang hina ini, Subhanallaah!”

Wassalam!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat