Keseimbangan dan Keharmonisan

Renungan Jumat,
oleh Mustadihisyam

.

Sebaik-baik pemimpinmu adalah yang kamu cintai dan dia mencintai kamu, kamu doakan dan dia mendoakan kamu. Dan seburuk-buruk pemimpin kamu adalah yang kamu benci dan dia membenci kamu, kamu hujat dan dia menghujat kamu. (HR Muslim)

Sinkronisasi rotasi bumi-bulan menyebabkan periode revolusi bulan sama dengan periode rotasinya, yaitu 27,3 hari, sehingga wajah purnama tak pernah berubah. Selain itu, rotasi bumi diperlambat sehingga hari makin panjang 0.002 detik dalam seabad dan bulan menjauh sekitar 3,5 cm per tahun. Kelak, ratusan juta tahun mendatang rotasi bumi pun menjadi sinkron dengan rotasi dan revolusi bulan, yaitu satu hari sama dengan satu bulan, sekitar 48 hari menurut ukuran sekarang.

Bumi mengerem rotasi bulan dan bulan pun mengerem rotasi bumi yang menyebabkan sinkronisasi. Inilah pelajaran dari alam bagi pemimpin dan yang dipimpin. Ada upaya saling memahami dan saling menyesuaikan. Sama seperti bulan, yang dipimpin biasanya lebih cepat menyesuaikan diri, karena pengaruh pemimpin biasanya sangat kuat. Kemudian, pemimpin pun harus secepatnya menyesuaikan dirinya. Hanya pemimpin yang otoriter yang menghendaki kesetiaan sepihak.

Namun, tidak setiap kehendak harus dipenuhi, perlu dialog. Dalam lingkup keluarga, Allah mengingatkan istri dan anak-anak bisa membawa kebinasaan bila segala kehendaknya dituruti (QS 64:14-15).

Pemimpin ummat pun diperintahkan tidak menuruti segala kemauan orang (QS 42:15). Ada aturan-aturan yang tetap harus dipatuhi.

falidzaalika faud’u waistaqim kamaa umirta walaa tattabi’ ahwaa-ahum waqul aamantu bimaa anzala allaahu min kitaabin waumirtu li-a’dila baynakum allaahu rabbunaa warabbukum lanaa a’maalunaa walakum a’maalukum laa hujjata baynanaa wabaynakumu allaahu yajma’u baynanaa wa-ilayhi almashiiru

[42:15] Maka karena itu serulah (mereka kepada agama ini) dan tetaplah1344 sebagai mana diperintahkan kepadamu dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka dan katakanlah : “Aku beriman kepada semua Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan supaya berlaku adil diantara kamu. Allah-lah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah kembali (kita) “.

Bulan bisa hancur bila terlalu dekat bumi. Sedikit menjauh diperlukan untuk mencapai kesetimbangan yang lebih harmonis. Demikian juga bila pemimpin dan pengikutnya terlalu dekat bisa merusakkan, menyuburkan kolusi dan nepotisme, mengkultuskan, atau menciptakan ikatan taklid yang kotraproduktif. Menjaga jarak diperlukan untuk saling mengoreksi secara wajar dan terbuka yang memunculkan sikap saling mencintai dan menghormati. Bila mulai muncul saling menghujat dan saling membenci, itu tanda buruknya kepemimpinan.

Didalam keluargapun keseimbangan dan keharmonisan menjadi kunci utama dalam mengarungi bahtera kehidupan  ini, lihatlah planet bumi ini bulannya satu namanya MOON, Planet Mars dikelilingi dua bulan yaitu  PHOBOS dan DEMOS (nama yang sangat cantik bukan?), lain lagi planet Pluto dikelilingi tiga bulan CHARON, HYDRA dan NIX  (nama yang tak kalah cantiknya), dan luar biasa…….planet Saturnus dikelilingi tiga puluh lima bulan yang cantik-cantik:  HELENA, JANUS, NIMAS dll.

Itulah keseimbangan energi tata surya agar tetap stabil, sinergi dan indah. Dan saudara-saudaraku kaum Adam semoga kita bisa belajar dari beberapa kondisi planet diatas, dan saya yakin planet bumi dengan SATU bulan adalah kondisi yang TERBAIK  dan BIJAK  walaupun ajaran kita mengizinkan dengan dua MOON, tiga MOON, bahkan empat MOON  karena berbuat ADIL adalah sesuatu  yang  sangat mustahil, berat … saudaraku  Sesuai dengan doa kita semoga Allah menjadikan keluarga kita menjadi keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warahmah.

Wallahu Alam bi Ash shawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat