Harmoni dalam Perbedaan

Andaikan tuts piano berwarna hitam atau putih semua, pasti tidak akan terdengar suara yang mengalun indah darinya. Bila lukisan itu hanya satu warna pasti akan kurang menarik, atau bila lagu tidak memiliki nada yang berbeda pasti akan terasa hambar di telinga. Bila alam ini hanya memiliki satu warna, tentu kita tidak akan pernah mengenal arti keindahan, dan bila rasa itu hanya satu, pastinya kita takkan pernah merasakan nikmat itu apa. Atau hal yang paling ekstrim, bila semua manusia dilahirkan dengan bentuk dan rupa yang sama, tentu kita tidak akan pernah merasakan indahnya CINTA!

Itulah Indahnya perbedaan yang membawa harmoni dalam kehidupan. Saatnya kita semua merenungkan bahwa betapa perbedaan itu sangat berarti dalam kehidupan kita, karena mampu menciptakan keindahan, kekuatan dan kebahagiaan. Seringkali kita memandang perbedaan itu sebagai suatu momok dan ancaman yang menakutkan, hingga tak jarang kita selalu ingin menentang bahkan melenyapkan orang yang memiliki paham dan kepercayaan yang berbeda itu.

Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah penciptaan langit dan bumi dan perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui (Q.S Ar-Rum: 22).

Pernahkah kita menyadari bahwa sebenarnya kita dilahirkan dari satu ayah dan ibu ‘Adam dan Hawa’ yang oleh karena keinginan kita untuk memilih jalan masing-masing akhirnya saling berseberangan. Namun hal itu takkan pernah memutuskan tali persaudaraan kita. Apapun agamamu, apapun sukumu, apapun warna kulitmu, apapun bahasamu, apapun golonganmu dan siapapun pilihanmu, kita masih tetap satu saudara yang berasal dari Bumi Pertiwi Indonesia.

Wallahu a’lam bish-shawab.

mustadihisyam

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat