Kopdar DPR

didietDipun serat dening: Didiet Priatmadji

Tak enten-enteni kok durung ono sing laporan dari hasil PRD (Pertemuan di Rumah Didik), baik yang di Bandung tgl 8 Agustus (Didik Rusdarmaji), dan yang di Solo tanggal 9 Agustus di rumah Didik Basuki.

Yen pareng aku tak laporan tentang pertemuan DPR (Dago Pakar Resor) Bandung.  Sakdurunge aku nyuwun ngapura amarga tekaku wis kesoren, dadi ora bisa ketemu karo Bambang Susatyo, Yudi, Eddy Mey, dll.  Lha mangkat saka Jakarta wis rada awan, ndilalah kena muacet sing njelehke banget, untung masih sempet ketemu Udi, Imam, Candra & drg. Indriastuti.

Diskusi santai

Begitu tiba di TKP (Tempat Kum Pulkumpul) sing wis kesoren mau, aku ora membuang waktu segera melakukan olah TKP – maksudku ngincipi hasil olahan nyonya rumah tempat kumpul2… yaitu… Selat Solo sing maknyus! Sambil srupat-sruput ngentekne selat aku ngrungokne penjelasan soko tuan rumah –pak Didik– tentang rencana kegiatan Kasmaji81, sing intine mangkene:

Kasmaji81 akan mengadakan beberapa kegiatan/acara dalam rangka 50 tahun SMA 1 yg nanti jatuh di bulan Desember 2009.  Momen 50 thn ini kita ambil karena ketemu lagi dgn momen serupa mungkin lebih lama lagi (mis 100 thn, dsb).

Sudah dicek ke pihak SMA 1 ternyata mereka tidak/belum punya rencana utk mengadakan kegiatan dalam rangka 50 tahun SMA 1, jadi kegiatan ini full dari kita.

Didik's living room

Tujuan kegiatan adalah untuk lebih mengenalkan SMA 1 dan untuk meng-counter isu negatif bahwa sekarang SMA 1 agak komersial/mahal dsb, kita memang tidak punya wewenang untuk menjawab hal itu secara langsung tetapi kita bisa membantu memberikan citra positif SMA 1 dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat secara langsung kepada masyarakat.

Kegiatan yg diusulkan a.l. lomba mengarang, sunatan massal & acara baksos lainnya, dan mengingat waktu yang tinggal 4 bulan maka harus segera dibuat rencana yang lebih matang/rinci.
dana dari uang kas yang ada tapi tidak menutup kemungkinan bila ada donasi, baik dari anggota Kasmaji81, alumni SMA 1 dari angkatan lain atau dari sponsor.
untuk pelaksanaannya kita akan minta teman2 yang di Solo dan sekitarnya, sedangkan teman-teman yang lain terutama yg di Jabodetabek, Bandung sekitarnya yang membuat persiapan dan rencananya.

Segala sesuatu harus diserahkan kepada ahlinya, maka dimohon kesediaan teman-teman yg berkecimpung di bidang akademisi (mis pak Eddy Mey) untuk membuat rencana detail tentang lomba mengarang, mis. sasarannya siapa, thema-nya apa, kriterianya apa, teknisnya bagaimana, dsb.

Untuk sunatan massal katanya bulik Candra siap untuk meng-handle, mungkin karena sudah sering nyunatim, tapi yang ini tidak untuk dilombakan ya bulik? misalnya bentuk terbagus, dsb.  Yang perlu diperhatikan sasarannya siapa (ya jelas anak2 to, mosok bapak-bapak), tukang sunatnya, ubo-rampe, teknis, dsb

Ada usulan lagi utk kegiatan baksos yaitu misalnya, menyediakan sembako dgn harga murah, jadi kita menyediakan paket sembako seharga l.k. 50rb, lalu kita jual dgn harga sekitar 5-10rb, pakai sistem kupon. Tujuannya adalah membantu masyarakat sekitar dgn sembako yg murah bagi mereka. Sengaja tidak digratiskan supaya tidak terjadi kerusuhan. f.y.i. di sekolah anak saya sdh bbrp kali dilakukan & alhamdulillah lancar.  tapi kalau ada usulan ya monggo.

para rawuh

Kita muat rencana kegiatan kita di web/blog, dgn tampilan yang bagus & menarik diharapkan tujuan kita tentang citra positif SMA 1 & juga Kasmaji81 akan tercapai dan sokur2 ada sponsor atau penyumbang yg tertarik.  nah untuk soal upload-meng-upload dimohon kesediaan Yudi DP.

Ada usulan apa kita mau bikin logo Kasmaji81? kalau dalam pengumuman dicantumkan logo SMA 1, dan kita sebagai panitia apa sebaiknya mencantumkan logo Kasmaji81.  Logo bisa juga cuma tulisan Kasmaji81 dengan font & warna tertentu yg menjadi ciri kita, jadi tidak harus bentuk/simbol khusus.

Mungkin perlu dibentuk semacam kepanitiaan, siapa ketuanya, dsb, ben yen mengajukan proposal ke pihak SMA 1 lebih enak.

Bila dimungkinkan/diperlukan akan diadakan pertemuan lagi utk membahas lebih detail tentang rencana kegiatan kita.  bisa di Bandung lagi atau di Jakarta.  Mungkin ada baiknya kita buat semacam action plan dengan target waktu dari langkah kegiatan.

Mangga para kanca, sangat diharapkan kalau ada usulan-usulan atau ide lain sehubungan dengan rencana kegiatan di atas. Sak durunge, aku ngaturake maturnuwun.

didiet

9 Replies to “Kopdar DPR”

  1. buat mas Mursid, Kasmaji 07 kamsude lulusan ke 7? atau thn 2007? kalau Kasmaji81 adalah alumni lulusan 1981. silahkan kalau tertarik dan ingin mendukung (baca:nyumbang) utk acara dlm rangka 50thn SMAN 1 Solo.
    Trmks.

  2. Itu lho dik Ultah Emas (50 thn) SMA 1, ya di Solo.

    @Yudi sebenarnya aku gak faham tentang sunat menyunat…mung nate dadi panitio Ultah Asrama…mung dudu aku sing nangani. Lha mestine priyayo Solo yo gampang tho nyiap ake tinggal manggil ‘ahli’ soko ‘Bogem’ (nek iso)+ medis? Cari dokter2 kita sebagai pengawas…? Lha mbok dr. Aris dijawil Yud. Trus golek peserta bisa pasang iklan di masjid2 atau di Yayasan Yatim Piatu sekitar SMA 1 (lebih afdol)… trus hadiah ubo rampe kanggo sing disunat: sarung, peci, baju koko misalnya. Nah itu aja kok. Sing penting paling pelaksanaane….

  3. Mas Didit Priatmadjie, yo wis piye maneh, Insya Allah iso ketemu karo panjenengan liya wektu. Lha wektu iku wis kesoren. Kebeneran ana perlu lain juga. Soal rencana kegiatan 50 th sma draft proposale diedarkan via email wae mengko dibantu diedit. Atau diupload ke yahoo file ben bisa di download teman teman. Aku melu support ide dan funding wae yo, lha soale rung pasti iso teka Solo. Salam buat keluargamu dan teman teman lain yg lama gak ketemu. (Gak iso cipika cipiki yo… Hahaha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *