Pandai Bersyukur Tanpa Keluh Kesah

“Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (Q. S. Ibrahim: 34)

Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan, dan bagi beberapa orang hal ini telah menjadi suatu kebiasaan. Kalau Anda termasuk orang yang suka mengeluh maka ketahuilah bahwa kebiasaan mengeluh tidak akan membuat situasi yang Anda hadapi menjadi lebih baik, malah hanya akan menguras energi Anda dan menciptakan perasaan negatif yang tidak memberdayakan diri Anda.

Pertanyaannya mengapa orang sering mengeluh? Orang mengeluh karena kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan atau keinginannya, hal ini akan terjadi hampir setiap hari dalam kehidupan ini. Seringkali ketika Anda berkeluh kesah kepada orang lain, hal itu tidak memberikan jalan keluar, justru membuka aib Anda sendiri, menimbulkan masalah baru atau memberatkan orang lain.

Percayalah bahwa di balik semua hal yang Anda sering keluhkan pasti ada hal yang dapat disyukuri. Sikap bersyukur adalah emosi yang tersehat. Mulailah untuk bersyukur setiap hari. Bersyukurlah atas pekerjaan Anda seberat apapun yang Anda lakukan, karena masih banyak orang di sekitar yang tidak punya pekerjaan, untuk makan saja belum tentu ada. Bersyukurlah kesehatan Anda, keluarga Anda atau apapun yang dapat Anda syukuri. Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup Anda akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama Anda, karena Anda dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan Anda karena Anda terlalu sibuk mengeluh.

Dan cara terbaik mengadukan segala keluh-kesah adalah hanya kepada Allah, sebagaimana Nabi mengeluhkan perbuatan kaumnya kepada Allah azza wajalla, Allah pasti memberikan jalan keluar ketika kita meminta kepada-Nya.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”
(QS. Ibrahim 14: Ayat 7)

Selalu berpikir positif dan kembangkan sikap penuh syukur lalu lihatlah perubahan dalam hidup Anda. Suatu saat nanti Anda akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.

Wallahu a’lam bishawab
mustadihisyam

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat