Reunian jadul

Kayaknya sejak remaja saya punya hobi yang tidak disadari yakni ….memulung, ngopeni barang yang (mungkin) bagi orang lain tidak berguna. Tidak sedikit barang yang entah bagaimana ceritanya, ada dalam koleksi barang jadul saya. Lain dengan kliping atau koleksi foto yang memang secara sengaja dihimpun.

Lha ini konangan lagi, saat berjuang menyelamatkan koleksi buku dari serangan rayap, nemu buku kenangan reuni angkatan kakak kelas, eh.. termasuk angkatan kita juga ya (lulusan 1974-1982) yang masih bagus kondisinya. Di dalamnya ada riwayat singkat SMA kita, kata pengantar dan sambutan kepsek (pak Sarwono) waktu itu, dan yang banyak tentu iklan-iklan sponsor seperti umumnya buku yang diterbitkan untuk suatu event.

Mungkin di antara daftar panitia yang tercantum, ada yang masih kita ingat –meski hanya– namanya. Misalnya nama (mbak) Esti Sarjanti (80), yang saya ingat karena kebetulan punya fotonya waktu lomba folksong. Nama-nama yang lain? Siapa tahu ada kakak-kakak anda dalam daftar ini (klik saja untuk memperbesar gambar)

 

Atau yang ini?
Yang saya simak, iklan-iklan waktu itu (juga cover di atas) kelihatan amatir banget kalau dibandingkan desain iklan yang dibuat dengan kemudahan piranti lunak desain grafis jaman sekarang. Dibuat dari gabungan huruf gesek (Rugos) dipoles dengan rapido atau bahkan cukup dengan orek-orekan spidol.  Begitu juga kualitas cetaknya, jauh banget kalau dicompare dengan hasil digital printing masa kini. Memang bukan untuk diperbandingkan, sih. Jamannya kan sudah beda. Ini salah satu contohnya.

Mungkin untuk ukuran waktu itu (1982) sudah dianggap bagus! Paling tidak menurut saya, mengingat diri sendiri kalau pelajaran menggambar –apalagi gambar perspektif– nggak pernah dapat nilai bagus.. (ngaku wae).

Any comment?


One Reply to “Reunian jadul”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *