Sinergi Kasmaji dengan SMAN 1 Surakarta

Tadi siang (Kamis, 11 Maret 2021) pengurus Kasmaji berkesempatan melakukan audiensi online dengan Kepala Sekolah SMAN 1 Surakarta dan beberapa orang guru yang berkaitan dengan masalah kealumnian.

Kami melakukan sosialisasi visi, misi, dan program kerja Kasmaji 2021-2024 ke jajaran pengurus sekolah, kemudian dilanjutkan dengan diskusi untuk mencari beberapa titik temu yang bisa disinergikan terhadap program kerja tersebut.

Beberapa kesepakatan utama adalah sbb :

  1. Sekolah akan mengirimkan 2 (dua) orang wakil guru, yang akan kami masukkan ke group Lintas Angkatan. Tujuan utamanya adalah supaya Sekolah bisa memperoleh informasi dari sumber utama tentang program-program Kasmaji, sekaligus menyampaikan usulan-usulan langsung yang bisa didengar masalahnya oleh seluruh wakil angkatan dan dicari solusinya bersama-sama.
  2. Sekolah mengijinkan Kasmaji menggunakan alamat sekolah untuk keperluan legal Kasmaji, dan menyediakan satu ruangan khusus bagi Kasmaji di lokasi Sekolah. Hal itu akan ditindaklanjuti oleh Komisariat Solo untuk melengkapi fasilitas yang diperlukan agar ruangan tersebut bisa berfungsi efektif sebagai sarana sosialiasi program-program Kasmaji kepada adik-adik siswa SMAN 1 Surakarta.
  3. Sekolah memerlukan pembinaan karakter bagi para siswa dan hal ini akan dibantu dengan mencarikan nara sumber dari Kasmaji. Hal itu sudah langsung kita mulai dengan memberikan pembekalan UTBK bagi adik2 siswa pada hari Senin 29 Maret 2021, yang narasumbernya berasal dari Kasmaji. Hal tersebut akan rutin berlanjut sesuai tema yang akan kita tentukan dalam program Alumni Kasmaji Menginspirasi.
  4. Sekolah akan menyusun list kebutuhan yang tidak memiliki pos anggaran dari Pemerintah. Diantaranya, karena sekolah tidak memiliki tempat sarana olah raga di area kompleks sekolah, maka saat ini kegiatan olah raga dilakukan di luar kompleks, dengan menyewa lapangan. Kita akan connect dengan sub divisi Komunitas Kasmaji. Salah satu yang bisa langsung jalan adalah pembinaan Basket dengan membantu sewa lapangan/pelatih pada saat menghadapi kejuaraan.
  5. Beasiswa memang tidak diperlukan, karena gratis dari pemerintah tetapi banyak anak murid kelas XII yang mengadapi masalah pada saat sudah diterima di universitas (tidak bisa bayar uang pendaftaran, tidak punya biaya kuliah dll). Hal ini akan kita carikan solusinya. Juga masalah pembinaan karakter/kemampuan etrepreneurship sedari muda, hal itu akan kita connect dengan program Divisi Produk Kreatif dan Innovasi.
  6. Dan hal-hal lain yang secara bersama-sama kita akan berusaha mencarikan solusi yang terbaik, agar para lulusan SMAN 1 Solo tetap memiliki kualitas yang tidak kalah mutunya dengan para pendahulunya.

Demikian beberapa rencana yang akan kita lakukan bersama, dalam mengemban visi Kasmaji memberikan yang terbaik bagi alumni, almamater dan bangsa.

Mohon dukungannya.

Salam Kasmaji!
VH. Gadjahmada

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat