Website

website_designMeskipun yang namanya SMA Negeri 1 Surakarta sudah kondang kaonang-onang, dan para alumninya sudah tersebar ke segenap pelosok dunia, ternyata website resmi sekolah sampai saat ini…. belum punya! Hwarakadah! Hare genee? Padahal di facebook sudah ratusan alumni terhubung, juga puluhan blog/website individual alumni/siswa/guru pating jedhul, official website malah terlewatkan.

Tapi memang seperti pameo, membangun lebih mudah daripada memelihara. Demikian pula usaha –yang sebenarnya– ringan dan gampang seperti membuat website. Benar, membuat website tidak butuh dana besar, juga tidak perlu sekolah khusus. Sekarang begitu banyak penyedia template baik gratis maupun berbayar, yang dengan beberapa langkah saja sudah bisa menampilkan website (maupun webblog) yang desainnya keren dan nampak profesional. Penyedia jasa hosting juga banyak sekali. Tapi, masalah utama memang justru pada usaha maintenance atau harwat (pemeliharaan dan perawatan)-nya. Keterbatasan materi, kurangnya kontributor naskah, dan update yang tidak teratur akhirnya menyebabkan minimnya pengunjung, sampai lama kelamaan hilang dari dunia maya.

Dalam suasana yang demikian, adik-adik kita angkatan 84 mencoba serius untuk menjawab “tantangan” ini. September 2009 yang akan datang mereka akan mengadakan Reuni Perak, dan salah satu programnya adalah menyumbangkan website resmi SMA kita yang prototype-nya sudah bisa dilihat di sini. Selain itu juga akan membuat video profil SMA. Untuk kita, para kakak kelasnya dan juga alumni lintas angkatan, disediakan formulir data diri di website mereka yang saat ini sudah mendapat respon dari 200-an alumni lintas angkatan.

Dengan keterbatasan ketrampilan dan waktu kita masing-masing, menurut saya baik juga kalau kita dukung upaya adik-adik 84 ini. Tentu perlu juga masing-masing angkatan punya “kandang” sendiri karena kedekatan emosional yang mungkin berbeda dengan kakak/adik kelas. Tapi kontribusi untuk kandang besar bernama almamater tetap butuh dukungan kita semua.

Sumonggo.

9 Replies to “Website”

  1. Yud,
    Tampilan baru ya? Tapi gak tahu kenapa, menurutku ‘sreg’ yang dulu.. hehehe. Apa mergo durung kulino yoo…

  2. Oom Yudi, wah tambah menarik tampilannya, bisa gonta-ganti. Kiro2 yen latar belakange tetep wae sing menunjukkan SMA I, walaupun gambarnya gonta-ganti apik opo ora yo…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *